Training & Lifestyle of Pencak Silat

– Selatihan terdiri atas enam bagian: meditasi, warming-up, mempelajari teknik, sparring, cooling-down, meditasi terakhir lagi. Seluruh program latihan lamanya tiga jam. Terus, pesilat juga harus melatih satu setengah jam di rumah setiap hari. Ini perlu untuk memperkuat dan melonggarkan otot.

– Kecuali melakukan gerak badan, harus juga bermeditasi untuk keseimbangannya di antara badan dan jiwa. Setiap latihan mulai dengan sepuluh sampai tiga puluh minit meditasi untuk mempersiapkan diri untuk mulai gerak badan dengan warming-up.

– Di dalam Pencak Silat juga memakai senjata, beberapa senjata adalah sikin, tombak, tongkat, kelewang,pisau, dan keris. Juga memakai senjata yang lain seperti golok, caluk, kudis, cabang (atau trisula: pedang) dan kipas.

Melatih Pencak Silat memerlukan gaya hidup yang sadar. Pesilat harus bersikap menjaga jarak. Selalu bersilat tanpa emosi karena kalau memakai emosi cepatlah tidak tetap tenang dan terkendali lagi. Tidak pernah boleh memarahi lawan. Lawan adalah sebagai guru, mereka menguji kesabaran pesilat. Tidak cuma di dalam bertanding, tapi selama seluruh hari, di dalam setiap kejadian. Pesilat mempelajari menahan diri. Ini menjadi lebih mudah setelah beberapa waktu kalau bermeditasi teratur. Seorang guru membantu pesilat dengan semua perlatihan.