History and Origin of Pencak Silat

Pencak silat merupakan martial art berasal dari Indonesia. Martial art ini dari dulu berhubungan dengan budaya Indonesia dan agama Islam. Petunjuk pertama di sejarah tentang Pencak Silat dapat dari Riau. Pada waktu abad kedelapan wilayah ini dijajah oleh India. Karena sebab itu rakyat dirancang pertahanan untuk menyerang melawan India. Pertahanan ini adalah Pencak Silat. Sesudah itu orang Minangkabau mengambil alih gaya bersilat dan dengan pertahanan ini Kerajaan Srivijaya di Sumatera bisa menahan dari abad ketujuh sampai abad keempat belas. Pada tahun tujuh ratus tiga puluh dua di Jawa juga temukan inskripsi dengan latihan otot, latihan ini sekarang masih digunakan di dalam perlatihan Pencak Silat.

Wali Songo juga penting untuk kelahiran Pencak Silat di dalam Indonesia. Mereka disebar agama Islam di Indonesia pada waktu abad kelima belas dan abad keenam belas. Sesudah mereka meninggal mereka ditanggap sebagai orang suci yang mendirikan Pencak Silat.

Juga ada legenda kelahiran Pencak Silat yang menceritakan tentang seorang suami dan isteri. Istrinya disuruhkan bawa air dari sumur oleh suaminya. Kapan istrinya datang ke sumur dia kelihatan seekor harimau dan monyet bersilat bersama. Dia dikagumi hal ini, terus suaminya prihatin istrinya karena sudah lama sejak dia berangkat. Suaminya mulai dicari dia dan kapan tiba di sumur memarahi dia dan mau memukul istrinya, tapi karena dia baru kelihatan binatang itu bersilat bersama dia bisa bertahan pukulan itu. Mungkin dari cerita ini Pencak Silat didirikan.